Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 17 Agustus 2018

Bidik Pasar Indonesia, AliExpress Gandeng DOKU

Ria Indhryani Jum'at, 13/02/2015 11:52 WIB
Bidik Pasar Indonesia, AliExpress Gandeng DOKU

Bisnis.com, BANDUNG--Toko online ritel milik grup Alibaba yaitu AliExpress mengklaim terus berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman belanja online yang menyeluruh bagi konsumen Indonesia melalui kerja sama dengan penyedia layanan pembayaran online dan penyedia layanan pengiriman lokal.

Melalui kerja sama yang terjalin, sekarang pembeli dapat memilih DOKU atau PT. Nusa Satu Inti Artha sebagai penyedia solusi pembayaran elektronik terdepan. DOKU ditunjuk sebagai payment gateway dalam pembayaran dengan mata uang Rupiah yang terhubung ke beragam kanal pembayaran online, seperti DOKU Wallet, Mandiri Clickpay dan BRI e-Pay.

Tidak hanya itu, pembayaran offline dapat dilakukan melalui 9000 gerai Alfa Group (Alfamart, Alfa Midi, Alfa Express, DAN+DAN dan Lawson) yang tersebar di seluruh Indonesia, juga melalui 45.000 mesin ATM (melalui jaringan ATM Bersama, Alto dan Prima).

AliExpress dan DOKU berkomitmen untuk memberikan lebih banyak lagi pilihan pembayaran guna memberikan fleksibilitas dalam pembayaran kepada online shoppers di Indonesia.

Sementara dari sisi logistik, AliExpress akan bekerjasama dengan Singapore Post dan mitranya di Indonesia, Pos Indonesia, penyedia layanan pengiriman barang terdepan di Indonesia yang memungkinkan waktu pengiriman barang lebih cepat dari Tiongkok ke Jakarta.

Hasilnya, online shoppers di Indonesia dapat menantikan paket kirimannya tiba dalam waktu dua minggu, lebih cepat jika dibandingkan dengan lama pengiriman sebelumnya, yaitu 35 hari. Layanan pengiriman barang ini akan tersedia segera dan tanggal peluncurannya akan diinformasikan lebih lanjut bulan ini.

Peningkatan layanan dalam hal solusi pembayaran dan pengiriman barang ini menambah upaya AliExpress dalam memberikan pengalaman online shopping yang lebih baik lagi.

Saat ini online shoppers dapat berbelanja online di situs belanja AliExpress (id.aliexpress.com) dalam dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di mana mereka dapat memilih jenis-jenis produk yang telah disesuaikan dengan selera lokal.

Selain itu, komunikasi seputar produk dapat dilakukan dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris melalui layanan konsumen via telpon yang telah dipersiapkan.

“Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan bisnis lokal untuk meningkatkan pengalaman berbelanja online bagi online shoppers di Indonesia,” kata Joe Yan, Director Global Operations & Expansion Strategy AliExpress.com, seperti rilis yang diterima Bisnis, Jumat (13/2/2015).

Melalui kerja sama seperti ini, online shoppers dinilai dapat memilih jutaan produk termasuk merek Indonesia yang mereka sukai dan berbelanja online dengan mudah dan aman.

Himelda Renuat, Chief Marketing Officer, DOKU mengungkapkan pihaknya sangat senang karena AliExpress yang merupakan bagian dari grup Alibaba telah menunjuk DOKU sebagai mitra pembayaran di Indonesia.

"Industri e-commerce di Indonesia berkembang dengan sangat pesat dan kami nantikan kerja sama dengan tim AliExpress untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan ketika melakukan pembayaran online bagi online shoppers di Indonesia," ujarnya.