Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 19 Februari 2018

Petani Garam Cirebon Minta Pemerintah Perbanyak Tanam Mangrove

Maman Abdurahman Selasa, 27/01/2015 20:02 WIB
Petani Garam Cirebon Minta Pemerintah Perbanyak Tanam Mangrove
Ilustrasi
Jibiphoto

Bisnis.com, CIREBON—Petani garam yang ada di Kabupaten Cirebon Jawa Barat meminta pemerintah memperbanyak penanaman mangrove di sekitar pantai agar mampu menahan tingginya abrasi di pesisir pantai utara (Pantura) Jawa Barat.

Selain mampu menahan abrasi, keberadaan tanaman mangrove di sekitar pantai, akan dapat meningtkan populasi ikan sehingga bisa dimanfaatkan nelayan sekitar.

Ketua Ikatan Petani Garam Indonesia (IPGI) Kabupaten Cirebon Cirebon Insyaf Supriyadi mengatakan dari garis pantai sepanjang 54 Km di Kabupaten Cirebon, baru sedikit yang ditanami mangrove padahal potensi terkena abrasinya cukup tinggi.

Dia menuturkan penanaman mangrove yang mulai gencar dilakukan sejumlah komunitas masih belum cukup untuk mencegah ancaman abrasi dan perlu gerakan massal penanaman mangrove di daerah pesisir Kabupaten Cirebon.

“Abrasi yang tinggi jelas mengancam keberlangsungan budidaya garam dan ikan di Pantura Cirebon,” katanya, Selasa (27/01/2015).

Insyaf mengungkapkan jika pesisir pantai banyak tanaman mangrove akan membantu nelayan tradisional di Kabupaten Cirebon karena selama ini populasi ikan di daerah pinggiran pantai sangat sedikit.

“Akar tanaman mangrove akan jadi sarang ikan untuk bertelur yang nantinya meningkatkan populasi ikan di pesisir pantai,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: