Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

PWI Terancam Tidak Lagi Menerima Dana Hibah

Hedi Ardia Minggu, 28/12/2014 15:54 WIB
PWI Terancam Tidak Lagi Menerima Dana Hibah
(ilustrasi
bisnis/jabar)

Bisnis.com, NGAMPRAH - Sejumlah organisasi dan LSM di Kab Bandung Barat terancam tidak akan kembali mendapatkan dana hibah dari APBD 2015. Hal ini sejalan dengan rencana Kementerian Dalam Negeri yang akan menghapus pencairan dana hibah karena dinilai berpotensi untuk diselewengkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat, Maman S Sunjaya menyatakan, saat ini pihaknya juga tengah melakukan evaluasi mana saja kelompok yang tetap bakal menerima dana hibah dan mana saja yang bakal dihapuskan.

"Sejauh ini memang masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat. Yang jelas tidak semua organisasi penerima dana hibah akan dihapus," kata Maman kepada wartawan, Minggu (28/12/2014).

Berdasarkan informasi yang diterimanya, organisasi yang masih akan menerima dana hibah tersebut diantaranya bantuan terhadap pembangunan masjid, bantuan kepada korban bencana alam dan juga penyaluran kepada kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Dengan demikian, sejumlah kelompok yang beberapa tahun sebelumnya langganan sebagai penerima dana hibah akan 'gigit jari' seperti organisasi di bidang jurnalis (PWI), LSM dan beberapa kelompok.

"Mereka yang tidak menerima dana hibah akan diganti dengan sebuah program. Mereka akan menerima program bukan berbentuk anggaran khusus," ujarnya.

Menurut dia, pada APBD 2015 Pemda Bandung Barat mengalokasikan dana hibah sebesar Rp63 miliar yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan tahun 2014 sebesar Rp90 miliar.

"Anggaran hibah sebesar Rp63 miliar itu akan digunakan pada program serta kegiatan yang sudah disusun oleh jajaran Pemda Bandung Barat salah satunya melakukan kegiatan Bandung Sehat," ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: