Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 21 Februari 2018

Steve Jobs Akan Bersaksi Di Pengadilan Melalui Video Setelah 3 Tahun Kematiannya

Agne Yasa Selasa, 02/12/2014 18:08 WIB
Steve Jobs Akan Bersaksi di Pengadilan Melalui Video Setelah 3 Tahun Kematiannya
Steve Jobs
Dailymail

Bisnis.com, AMERIKA SERIKAT - Sebuah pengadilan California akan mendengar kesaksian dari pendiri Apple Steve Jobs minggu ini, meskipun dia telah meninggal karena kanker pankreas tiga tahun lalu.

Jobs, yang menghidupkan kembali keberuntungan perusahaan dengan merancang iPod, iPhone dan iPad, akan muncul dalam sebuah video yang direkam sebelum kematiannya dalam upaya untuk menyelamatkan perusahaan dari denda US$1 miliar.

Dia akan memberikan bukti untuk membela Apel dari tuduhan rivalnya bahwa cara yang digunakan toko musik iTunes memaksa orang untuk membeli iPod dan menghentikan orang memilih MP3 player yang lebih murah.

Menurut perusahaan elektronik dan konsumen, yang telah menuduh Apple atas perilaku anti-kompetitif di bawah undang-undang hukum federal anti kepercayaan, perangkat lunak iTunes membantu mengembangkan harga iPod dengan menghentikan persaingan perangkat lainnya untuk masuk ke dalamnya.

Perdebatan perangkat lunak tidak lagi digunakan, tetapi menurut penggugat hal itu membiarkan Apple menghasilkan  US$350 juta laba tambahan pada 2006-2009.

Di bawah hukum federal, Apple bisa dikenakan denda tiga kali jumlah tersebut  atau US$1.05 milliar, juri setuju bahwa perangkat lunak itu anti-kompetitif dan setuju dengan estimasinya.

Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011, delapan tahun setelah ia pertama kali didiagnosa menderita kanker pankreas.

Ia berjuang dengan penyakit selama bertahun-tahun, tapi terus terlibat dalam peluncuran hampir seluruh produk sampai 2009. Setelah kemerosotan serius dalam kesehatan, ia mengundurkan diri sebagai CEO Apple pada Agustus 2011, dan menunjuk Tim Cook sebagai penggantinya. Ia menjabat sebagai ketua dewan perusahaan sampai ia meninggal.

Mark Lemley, seorang profesor hukum di Stanford, mengatakan bahwa fakta kasus yang telah berlangsung begitu lama karena saksi kunci telah meninggal untuk menunjukkan laporan bagaimana sistem hukum berjuang untuk mengikutinya.

Dia mengatakan,"Fakta bahwa kasus ini masih akan 10 tahun kemudian adalah tanda bahwa teknologi sering melebihi hukum."

Pengacara ditetapkan untuk membuat pernyataan pembukaan Selasa pagi di ruang sidang Oakland, California US Hakim Distrik Yvonne Gonzalez Rogers.

Apps Bisnis.com available on: