Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 24 Mei 2019
header atas

Finkomodo, Mobil Buatan Anak Negeri Mejeng Di Bandung Automotive Expo

Afif Permana Jum'at, 21/11/2014 17:33 WIB
Finkomodo, Mobil Buatan Anak Negeri Mejeng di Bandung Automotive Expo
Finkomodo
Afif Permana

Bisnis.com, BANDUNG--Begitu banyak mobil yang beredar di Indonesia, ada satu buatan anak negeri yang bertujuan bukan sebagai alat transportasi biasa. Mobil ini berfungsi sebagai alat non-infrastruktur.

Finkomodo, begitu nama produk yang dirancang bertahun-tahun oleh Ibnu Susilo ini.

Menurut Ibnu yang ditemui Bisnis pada Acara Bandung Automotive Expo, Jumat (21/11), mobil tersebut berfungsi pada area-area yang sulit dijangkau oleh mobil biasa, bahkan oleh kendaraan off-road biasa sekalipun.

"Mobil ini dirancang untuk aktivitas di daerah-daerah yang sulit ditembus kendaraan biasa. Mobil ini untuk menghubungkan daerah-daerah terpencil," ujar lulusan Institut Teknologi Sepuluh November tersebut.

Dia menjelaskan, tujuan pembuatan mobil itu adalah untuk aktivitas area pertanian, perkembunan, peternakan, bahkan kesehatan di wilayah terpencil. Sehingga, perhubungan di daerah tersebut lancar.

Mobil yang diproduksi di Cimahi, Jawa Barat ini merupakan inovasi yang dimunculkan Ibnu Susilo bertahun-tahun sejak 2005 dengan berbagai riset. Sejak 2008 hingga 2011, dia hanya menelurkan masing-masing 1 mobil prototype.

Baru pada 2012 hingga 2014, mobil tersebut diproduksi massal, yaitu 120 mobil setiap tahunnya.

Ibnu berharap, mobil ini mampu membantu pembangunan perekonomian masyarakat di daerah yang masih tersembunyi dan susah alat perhubungan. (k4)