Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 20 November 2018

Di Jabar, Pedofilia Kasus Terbanyak Kedua Setelah Narkoba

Afif Permana Rabu, 12/11/2014 16:43 WIB
Di Jabar, Pedofilia Kasus Terbanyak Kedua Setelah Narkoba
Ilustrasi
net

Bisnis.com, BANDUNG--Kasus pedofilia di Jawa Barat diketahui semakin marak. Menurut Polda Jabar, ternyata pedofilia menempati urutan kedua kasus terbanyak di Jawa Barat setelah narkoba.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, hingga saat ini telah terdata 200 anak menjadi korban pedofilia.

"Kasus tersebut biasa terjadi di lingkungan perumahan, " ujar Martinus saat ditemui Bisnis di Mapolda Jabar, Rabu (11/12).

Dia menambahkan, kasus di perumahan lebih menonjol dibandingkan dengan kasus di sekolah yang juga banyak. Menurut Martin, kasus di perumahan tersebut marak terjadi di tempat permainan anak.

Martin mengatakan, pelaku pedofilia memiliki macam-macam latar belakang di antaranya, pelaku pernah menjadi korban.

"Hampir semua pelaku seperti itu," ujarnya.

Selain itu, keterbatasan ekonomi juga menjadi faktor, di mana pelaku ingin mendapatkan kenikmatan dengan biaya murah. Yang terakhir, faktor pergaulan sesama pelaku.

Mengenai hal itu, Martin berharap semua dapat melakukan pencegahan.Pencegahan dapat dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi, public awareness agar mengetahui tanda-tanda pelaku, ketegasan sesuai hukum dari penegak hukum, dan sosialisasi dari aparatur dinas kesehatan. (K4)