Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 27 Mei 2018

Kemenkominfo: Penggunaan Produk Nasional Untuk Industri TIK Butuh Waktu

Ria Indhryani Rabu, 05/11/2014 14:11 WIB
Kemenkominfo: Penggunaan Produk Nasional untuk Industri TIK Butuh Waktu
Ilustrasi
Jibiphoto

Bisnis.com, BANDUNG—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan penggunaan produk nasional dalam industri TIK tidak mudah untuk dilakukan karena akan dibutuhkan kajian khusus tentang kualitas yang ditawarkan apakah sesuai dengan standar yang dibutuhkan industri telekomunikasi di Indonesia atau tidak.

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kalamullah Ramli pola ini jelas akan melibatkan para operator karena berjalan pada base line industri nasional sehingga menjadi pertimbangan lebih bagaimana nantinya keterserapan produk nasional yang dihasilkan tersebut.

“Seperti produk hardware dari PT LEN, kami sudah mulai mendiskusikannya dengan XL untuk melihat bagaimana kualitas dan potensi pemanfaatannya,” ujarnya, Rabu (5/11/2014).

Dia mengatakan dalam waktu dekat pihaknya juga akan mencoba mengumpulkan atau mengundang para pelaku industri potensial produk nasional bidang TIK ini dan juga para operator telekomunikasi yang ada.

Menurutnya, ini merupakan kesempatan yang baik bagi semua pihak yang terkait, agar kemampuan produk nasional bidang TIK ini dapat di improve sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  

“Kita masih belum memetakan kapan targetnya, tetapi hal ini sebenarnya sudah ditekankan dalam kewajiban pemenuhan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) kepada para pelaku industri telekomunikasi. Kami berharap secepatnya atau bahkan bisa kita mulai untuk momen uji coba jaringan LTE yang baru dimulai,” ujarnya. 

Apps Bisnis.com available on: