Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 23 Februari 2018

Penerapan Teknologi Geospasial Diklaim Mampu Bantu Efisiensi Biaya

Ria Indhryani Kamis, 16/10/2014 15:08 WIB
Penerapan Teknologi Geospasial Diklaim Mampu Bantu Efisiensi Biaya
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG--Penerapan sistem informasi geospasial (SIG) dinilai dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan di daerah dengan efisiensi yang diciptakan.

Salah satu contohnya adalah dalam penerapan SIG terpadu sebagai sarana pengawasan dan optimalisasi pelayanan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Dalam rangka mengoptimalisasikan pelayanan dan pemungutan PBB, diperlukan sebuah sistem pengelolaan yang baik. Dengan bumi dan bangunan yang melekat di bumi, aspek keruangan (spasial) menjadi kunci utama dan dapat diselesaikan oleh SIG.

Gilang Widyawisaksana, Head of Sales esri Indonesia, mengungkapkan sayangnya sejauh ini pemanfaatan SIG masih sangat minim padahal banyak efisiensi dan percepatan pelayanan publik yang secara perlahan dapat diperoleh dengan pemanfaatan teknologi tersebut.

Hal tersebut juga sesuai dengan UU No.4/2011 tentang informasi geospasial yang mana menunjukan bahwa informasi geospasial atau dikenal dengan peta merupakan bagian penting dalam mewujudkan sistem informasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung sektor publik dalam melaksanakan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan, baik pada pemerintahan tingkat pusat maupun tingkat daerah, dan juga pada sektor perorangan dan kelompok orang.

"Informasi geospasial memungkinkan proses berbagi data antar institusi, dimana saat ini tidak ada satu institusi yang memiliki data lengkap. Salah satu contoh penerapannya ketika dinas pelayanan pajak membutuhkan data persil tanah untuk perhitungan pajak PBB, prosesnya tidak dapat dilaksanakan secara terintegrasi meskipun misalnya Badan Pertahanan Nasional (BPN) memiliki datanya," ujarnya, Kamis (16/10/2014).

Menurutnya, teknologi SIG ini dapat diangkat untuk membantu proses bisnis yang existing. Ketika dinas pelayanan pajak mendapat permintaan perhitungan pajak dan bangunan, maka persil batas area tanah dapat diperoleh dari data yang sinergi.

Efisiensi yang dapat diperoleh dari sinerginya data geospasial antar institusi ini adalah waktu dan biaya yang selama ini harus dikeluarkan untuk perolehan informasi yang parsial.

"Banyak lagi yang dapat dimanfaatakan dengan SIG ini salah satunya adalah untuk pengelolaan tata ruang. Site plan ruas jalan juga merupakan satu model yang dapat dilihat melalui SIG, yang mana dapat memudahkan misalnya dalam proses pencarian jalur tercepat untuk proses pemadaman kebakaran."

Apps Bisnis.com available on: