Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 15 November 2018

3 Tokoh Asal Jabar Diusulkan Masuk Kabinet Jokowi, Ini Mereka

Wisnu Wage Jum'at, 25/07/2014 12:30 WIB
3 Tokoh Asal Jabar Diusulkan Masuk Kabinet Jokowi, Ini Mereka
Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla saat ditetapkan sebagai pemenang pilpres
Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Nama-nama calon menteri kabinet Jokowi-Jusuf Kalla mulai berseliweran.

Pengamat Politik dari Unpar Asep Warlan Yusuf mengatakan jika presiden terpilih hendak mencari nama profesional dari Jawa Barat, setidaknya ada tiga nama yang pantas mengisi kursi kabinet.

Ketiga nama itu ialah Prof. Ganjar Kurnia (Rektor Unpad), Prof. Karim Suryadi (Guru Besar UPI, Bandung), dan Prof. Denny Juanda (Kepala Bappeda Jabar).

"Saat ini, saya lebih memilih akademisi untuk menjadi menteri. Kalau di Jabar, tiga nama tadi saya rasa layak," katanya di Bandung,Jumat (25/7/2014).

Tiga nama ini menurut Asep dipandang layak dengan pertimbangan antara lain Ganjar Kurnia layak menjadi Menteri Pendidikan Nasional. "Sebagai rektor Unpad, salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, Ganjar sangat layak menjadi mendiknas," katanya.

Sedangkan Karim Suryadi menurutnya pantas menjadi Menteri Dalam Negeri. Sementara Denny Juanda sangat layak menjadi Kepala Bappenas.

"Karena Pak Denny ini kepala bappeda terbaik," katanya.

Menurutnya jika pemerintahan Jokowi-JK ingin berhasil dalam menjalankan pembangunan, maka posisi menteri harus diisi oleh teknokrat yang mumpuni. "Bukan oleh politisi yang sama sekali tidak menguasai bidang itu sendiri," katanya.

Menurutnya Jokowi-JK banyak pilihan calon menteri karena saat ini Indonesia memiliki banyak putra bangsa yang mampu mengisi posisi menteri di kabinet.