Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 Februari 2018

Makanan Berbahan Dasar Buah Mangrove Dikembangkan

Newswire Selasa, 17/06/2014 06:59 WIB
Makanan Berbahan Dasar Buah Mangrove Dikembangkan
(reuters)

CIREBON--Warga Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kembangkan berbagai makanan olahan berbahan buah mangrove menjadi makanan seperti kerupuk, dodol.

Rastono, salah seorang pengolah makanan berbahan buah mangrove kepada wartawan di Indramayu, Senin, mengatakan, olahan makanan berbahan buah mangrove mulai dikembangkan masyarakat Indramayu, mereka memanfaatkan hutan mangrove sepanjang pantai utara.

Olahan makanan berbahan buah mangrove, kata dia, sederhana mudah dan ekonomi, karena bahan bakunya melimpah dengan memanfaatkan tanaman mangrove sepanjang pesisir.

Sementara itu Johansyah warga Indramayu lain mengaku, mangrove atau bakau yang banyak tumbuh di pesisir pantai utara Indramayu, kini buahnya mulai dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, mereka mengolahnya menjadi dodol dan kerupuk.

Selain bermanfaat sebagai bahan baku makanan, kata dia, hutan mangrove akan membantu bagi nelayan tradisional dengan alat tangkap sederhana, karena keberadaan hutan bisa sebagai tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil serta menahan abrasi pantai.

Sementara itu Waryanto warga pesisir Indramayu mengaku, bahan baku buah mangrove dan ekonomi untuk olah makanan, proses pembuatan cukup mudah, buah mangrove jenis tanjang dan brayo ini dimasak hingga enam jam dan digiling hingga menjadi tepung.

Kemudian rebusan buah mangrove dilakukan berkali-kali agar getah dan rasa pahit hilang, kata dia, setelah menjadi tepung baru mereka mengolahnya berbagai makanan yakni kerupuk.

Apps Bisnis.com available on: