Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

Pelindo II Cirebon Respons Ide Pembangunan Jalur KA Angkutan Batu Bara

Maman Abdurahman Senin, 28/04/2014 19:30 WIB
Pelindo II Cirebon Respons Ide Pembangunan Jalur KA Angkutan Batu Bara
(ilustrasi)

Bisnis.com, CIREBON— PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo II) Cabang Cirebon akan melakukan penjajakan terkait wacana pembangunan jalur kereta api untuk angkutan batu bara dari Pelabuhan Cirebon.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan wacana pembangunan jalur kereta api (KA) yang terhubung langsung dengan Pelabuhan Cirebon dan menjadi moda transportasi alternatif untuk angkutan barang.

Manager Operasinal Pelindo II Cirebon Yossianis Marciano mengatakan pihaknya selaku operator pelabuhan akan siap menjalankan yang ditetapkan pemerintah termasuk rencana pembukaan jalur KA yang terhubung dengan pelabuhan.

Dia menuturkan untuk terkoneksi langsung dengan pelabuhan, jalur KA akan cukup sulit saat ini mengingat telah banyaknya bangunan baik perumahan maupun perkantoran di Kota Cirebon khususnya jalur pelabuhan.

“Kami melakukan penjajakan dengan pihak PT Kereta Api Indonesia terkait berbagai macam kemungkinan jika pemerintah telah keluarkan regulasi,” katanya, Senin (28/4/2014).

Yossianis mengungkapkan selain membangun koneksi langsung jalur KA ke pelabuhan, alternatif lain yang bisa dipilih adalah membangun stasiun barang atau khusus batu bara di jalur KA terdekat.

“Pola angkutannya nanti dari pelabuhan batu bara diangkut menggunakan truk dari pelabuhan ke stasiun, dan dengan angkutan kereta diharapkan dapat meringankan beban muatan jalan Cirebon-Bandung” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: