Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 15 November 2018

HLKI: Peraturan Zona Merah PKL Seharusnya Diimplementasikan Sejak Lama

Ria Sabtu, 08/02/2014 17:46 WIB

Bisnis-jabar.com, BANDUNG—Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) Jabar-Banten mengungkapkan permasalahan penetriban PKL yang saat ini ramai diperbincangkan sebenarnya sudah menjadi Perda lama yang seharusnya dapat ditegakan sejak lama pula.

Ketua Umum HLKI Jawa Barat-Banten Firman Tumantara mengungkapkan secara logika hukum, penegakan peraturan yang sudah disahkan ini memang telah menjadi konsekuensi yang harus dipertanggung jawabkan.

"Beberapa zona merah ini sudah jelas untuk meminimalisir kesemrawutan Kota Bandung," katanya.

Adanya UU parsial tentang hak dan kewajiban konsumen dalam UU Nomor 8/1999 Perlindungan Konsumen sudah jelas ditujukan untuk mengimbau para konsumen agar tidak melanggar aturan yang ada dalam membeli kebutuhan mereka.

Perlindungan konsumen juga semakin dirasa karena beberapa persen barang yang djual oleh PKL juga terkadang merupakan barang palsu dan begitu pula produk makanan yang tidak higienis, sehingga mengancam kesehatan masyarakat. Secara maraton, peraturan ini dinilai berdampak positif pada banyak hal.

Begitu pula dengan para PKL, teknis berjualan yang memasuki area jalan secara terang-terangan melanggar hak pejalan kaki yaitu pengambil alihan fungsi trotoar.

Secara keseluruhan, HLKI menilai peraturan ini merupakan suatu yang tepat, bahkan seharusnya dilakukan sejak dulu.

Mengenai pengadaan denda, memang tidak selayaknya diberlakukan nilai yang sangat besar. Dilakukan secara bertahap, nilai  Rp1 juta dari kelipatan Rp200.000 tentu merupakan angka yang cukup besar.

Denda ini dinilai dapat dimulai dari angka Rp100.000 sebagai bentuk teguran bagi mereka yang melanggar.

Tidak hanya itu, yang tetap harus diperhatikan adalah bagaimana caranya agar para pedagang ini tetap direlokasikan pada lokasi yang tepat sesuai dengan hajat hidup mereka.

"Jangan sampai, mereka diusir tetapi retribusinya masih terus ditarik. Jadi tidak adil pastinya," ujarnya.(k31/k29)