Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 24 Februari 2018

Jalan Cianjur-Puncak Tertutup Longsor

Adi Kamis, 23/01/2014 15:25 WIB
Jalan Cianjur-Puncak Tertutup Longsor
bisnis/jabar.com

Bisnis-jabar.com, CIANJUR--Jalur utama Cianjur-Puncak, Jawa Barat, di Kampung Pos, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, kembali tertutup longsor sepanjang 8 meter.

Akibatnya antrian kendaraan sepanjang belasan kilometer dari arah Cianjur menuju Puncak atau sebaliknya, sempat terlihat, hingga menjelang sore hari Kamis (23/1/2014).

Longsor yang kembali terjadi diiringi hujan yang turun cukup deras dari pagi hingga siang menjelang, sehingga mengakibatkan tanah tebing setinggi 8 meter itu, kembali longsor dan nyaris menutupi seluruh landasan jalan utama antarkabupaten itu sepanjang 6 meter.

Ratusan aparat dibantu masyarakat setempat, berusaha menyingkirkan material longsoran bercampur pohon bambu yang menutupi jalan, sambil menunggu alat berat.

"Hingga siang alat berat terus berusaha menyingkirkan material longsor yang menutup landasan jalan. Aparat dan masyarakat bergotong royong menyingkirkan material ke sejumlah tempat agar tidak menumpuk di pinggir jalan," kata Kapolsek Cugenang Kompol Undang, Kamis.

Selama proses evakuasi berlangsung arus kendaraan dari kedua arah terhenti selama beberapa jam karena material longsoran cukup tebal dan alat yang digunakan manual sebelum alat berat datang.

Selang dua jam melakukan upaya evakuasi jalur tersebut, kembali dapat dilalui kendaraan dengan sistim gilir buka tutup satu. Namun hingga sore menjelang arus kendaraan masih tersendat dari kedua arah saat melintas di jalur tersebut.

Pantauan hingga sore laju kendaraan yang melintas di jalur longsor tersebut, masih tersendat karena petugas masih melakukan pembersihan dan mengikis tebing yang longsor agar tanah tidak kembali jatuh menutupi landasan jalan.

Sementara Polres Cianjur, mengimbau penguna jalan yang melintas di jalur tersebut agar wasapada terutama ketika hujan kembali turun dengan deras karena lokasi masih rentan terjadi longsor susulan.(antara/k29)

Apps Bisnis.com available on: