Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 Agustus 2018

Intel Bakal Kurangi Ribuan Karyawan

Adi Senin, 20/01/2014 23:52 WIB

Bisnis-jabar.com, SAN FRANCISCO--Perusahaan chip komputer Intel Corp tahun ini berencana mengurangi 5% dari total karyawannya di seluruh dunia yang berjumlah 107.000 orang, dalam upayanya berjuang dari jatuhnya penjualan PC dan menggeser fokus ke area-area bisnis yang tumbuh cepat.

Pengurangan karyawan, setara dengan lebih dari 5000 posisi, itu diumumkan setelah Intel melaporkan laba kuartal keempat 2013 yang menguat, cukup untuk menghilangkan kekhawatiran tentang industri PC yang melambat.

"Ini adalah bagian dari menyelaraskan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan bisnis," kata juru bicara Intel, Chris Kraeuter, dikutip oleh Reuters.

Pengurangan tenaga kerja mungkin termasuk melalui program-program pensiun, pengunduran diri secara sukarela, dan opsi-opsi lain.

Dia menolak mengungkapkan apakah rencana itu sudah diumumkan secara internal atau belum.

Dalam konferensi pers dengan para analis Kamis lalu setelah rilis laporan laba bersih, Chief Financial Officer Stacy Smith disinggung soal pengurangan tenaga kerja mengatakan bahwa Intel akan meningkatkan investasi pada berbagai bidang seperti teknologi data center, chip hemat daya, dan tablet.

Intel, menurut Reuters, mendominasi dalam industri chip PC, tapi lambat untuk mengadaptasikan prosesor-prosesornya untuk smartphone dan tablet, pasar yang sekarang didominasi rival-rivalnya seperti Qualcomm dan Samsung.

Intel bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang memangkas tenaga kerjanya karena melambatnya permintaan PC sejak iPad Apple mulai mempengaruhi permintaan laptop pada 2010.(antara/k29)