Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 24 Mei 2019
header atas

Hidupkan Indonesia Tanpa Stigma, Rumah Cemara Gelar Festival Olahraga

Ria Rabu, 18/12/2013 08:24 WIB

Bisnis-jabar.com, BANDUNG--Dalam memperingati hari AIDS sedunia, Organisasi berbasis komunitas bagi orang HIV/AIDS (ODHA) dan pecandu narkoba di Jabar, Rumah Cemara, akan menyelenggarakan festival olahraga yang bertajuk Indonesia Tanpa Stigma.

Acara yang akan diikuti oleh berbagai komunitas yang biasa berada di bawah suatu stigma masyarakat yaitu waria, gay, odha, perempuan umum dan perempuan ODHA, serta down syndrome ini akan digelar pada 22 Desember 2013.

Berbagai olahraga yang akan digelar tersebut yaitu solidarity run, sepak bola, dan tinju serta rugby coaching clinic.

Grant Manager Rumah Cemara Aditia Taslim mengungkapkan bertemakan festival olahraga untuk perubahan, mereka yakin secara umum banyak yang menyukai olahraga.

"Namun, tidak semua mendapatkan kesempatan berharga ini karena terkadang olahraga dinilai hanya untuk mereka yang bisa untuk mengikuti turnamen atau liga yang selenggarakan," ujarnya, Selasa (17/12/13).

Sementara masyarakat lainnya yang dianggap merupakan masyarakat marjinal dengan keadaan yang mereka alami, justru tidak memiliki kesempatan yang besar seperti khalayak umumnya.

Aditia mengungkapkan olahraga adalah kegiatan yang seharusnya dikembalikan ke masyarakat, tanpa memikirkan mereka yang terlibat harus terlebih dahulu memikirkan bakat atau bisa ikut bermain.

"Dengan diikuti oleh sekitar 550 orang yang tergabung pada mereka yang tadi biasa menerima stigma, kami ingin menunjukan olahraga bukanlah sesuatu yang konvensional."

Keterlibatan dengan kerja sama dan solidaritas merupakan dasar dari olahraga, dimana semua atau siapa pun dapat menikmatinya., tanpa terkecuali.

Publik akan diajak untuk melihat bahwa bermain satu lapangan dengan mereka yang dikatakan marjinal karena berbagai stigma tadi bukanlah sesuatu yang seharusnya.

Aditia memberi contoh bagaimana masih banyak terdapat beberapa masyarakat yang fobia terhadap waria atau gay bahkan hingga histeris, dimana sebenarnya hal tersebut sangat tidak penting.

"Kami ingin menunjukan, dinas dan wali kota saja nanti tidak takut, sehingga masyarakat juga tidak perlu berlebihan," ujarnya.

Sesuai dengan apa yang diperlombakan, Rumah Cemara juga menggandeng komunitas olahraga lainnya seperti Indorunners Bandung dan Rugby Club Jabar sebagai pendamping untuk menyempurnakan acara yang dimulai pukul 05.00 pagi tersebut. (k31/k29)