Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

BPBD Kab. Bandung Belum Tingkatkan Status Bencana Banjir

Ardia Senin, 16/12/2013 17:12 WIB

Bisnis-jabar.com, SOREANG--Meskipun sedikitnya 200 rumah sudah menjadi korban dari terkaman Sungai Citarum, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung belum meningkatkan status bencana banjir yang melanda tiga kecamatan tersebut menjadi tanggap darurat. Statusnya masih siaga darurat.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung mengatakan pihaknya sengaja belum meningkatkan status karena warga masih bisa mendapatkan logistik dengan normal kecuali banjir terjadi lebih dari tiga hari.

"Seharusnya sudah dinaikkan statusnya menjadi tanggap darurat. Jika banjir terus menggenang lebih dari tiga hari kemungkinan statusnya akan ditingkatkan," katanya kepada wartawan, Senin (16/12/2013).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Bandung Achmad Djohara menambahkan pentingnya kesiapan warga yang menjadi korban banjir di Baleendah, Dayeuhkolot, maupun kecamatan-kecamatan lainya dalam menghadapi bencana banjir.

"Ketika air mulai naik sebagai dampak dari luapan Sungai Citarum, maka warga maupun sukarelawan yang ada di lingkungan masyarakat harus sudah mengetahui langkah-langkah yang harus diperbuatnya," ujarnya.

Demikian pula dengan kesiapsiagaan para petugas baik dalam evakuasi warga maupun penanganan para pengungsi.

"Saat ini sudah mulai hujan sehingga kewaspadaan terhadap banjir harus ditingkatkan," katanya.(k6/ija)

Apps Bisnis.com available on: