Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 24 Oktober 2018

COOPERATIVE FAIR 2013 Bukukan Transaksi Rp2,5 Miliar

Wandrik Selasa, 25/06/2013 20:02 WIB

BANDUNG (bisnis-jabar.com)—Pameran produk usaha kecil menengah, Cooperative Fair dan Halal Fair 2013 membukukan transaksi sebesar Rp2,5 miliar, atau turun 14,8% dibandingkan dengan transaksi tahun lalu yang mencapai Rp2,87 miliar.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Jawa Barat Anton Gustoni mengemukakan menurunnya transaksi tersebut akibat jumlah peserta pada 2013 mengalami penurunan.

Menurutnya, jumlah peserta tahun ini diikuti oleh 500 orang pelaku KUMKM dari 24 provinsi dan 26 kabupaten/kota, asosiasi/ himpunan, gerakan koperasi, lembaga keuangan bank dan nonbank. Turun 20% dibandingkan dengan perserta yang ikut pada 2012 sejumlah 600 orang.

"Selain itu, event cooperative fair kali bertepatan dengan kenaikan harga BBM menyebabkan daya beli masyarakat menurun. Kemudian hari Minggu yang biasanya menjadi puncak kunjungan justru tidak terjadi. Hal tersebut disebabkan berkaitan dengan acara pemilihan walikota Bandung. Bulan Juli juga bertepatan tahun ajaran baru sehingga  banyak orang tua memasukkan sekolah," ungkapnya melalui rilis yang diterima Bisnis-Jabar, Selasa (25/6/2013).

Meski demikian jumlah pengunjung rerata mencapai 5.000 orang. Oleh karena itu dirinya meminta maaf kepada pihak yang terlibat apabila terdapat kekurangan pada pameran saat tersebut.

Disisi lain, salah satu peserta UKM Golok asal Cimahi Agus Leli Rohadi mengungkapkan rasa terima kasihnya telah ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Dia menilai fasilitasi promosi melalui pameran sangat membantu pelaku KUMKM dalam memperkenalkan produknya. Pihaknya, berharap event seperti tersebut bisa terus diagendakan sebab Jabar terkenal sebagai provinsi kreatif.

"Harapan kami cooperative fair ke depan bisa mendatangkan buyer tidak saja dari dalam negeri tetapi dari negara-negara Asean. Hal ini dalam rangka memperkenalkan produk Jabar kepada masyarakat ASEAN," katanya.

Adapun Pihak Penyenggara Dani Sugiri mengumumkan stand terbaik kategori nusantara diraih stand Propinsi Aceh, sedangkan kategori Jawa Barat diraih Kabupaten Purwakarta. Kemudian stand terkreatif diraih UKM Regina & freind , dan untuk UKM dengan omzet terbesar diraih UKM Indah rotan kabupaten Cirebon.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar dalam sambutan ketika menutup Cooperative Fair Ke-10 mengatakan tahun depan pihaknya akan  mengundang negara-negara Asean dan bukan mustahil untuk mengikut sertakan KUKM berpameran di negara-negara ASEAN. Dari kegiatan ini diharapkan para UMKM mampu meningkatkan kinerja usahanya. (ija)