Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 Agustus 2018

Google Sedang Selesaikan Akuisisi Waze Seharga US$1,3 Miliar

Ria Selasa, 11/06/2013 18:55 WIB

BANDUNG—Menurut salah seorang sumber anonim, Google Inc sedang menyelesaikan kesepakatan untuk mengakuisisi perusahaan pemetaan online Waze sebesar US$1,3 miliar.

Kesepakatan tersebut diharapkan akan diumumkan minggu ini, meskipun itu rasanya tidak mungkin dapat dilakukan secara cepat.

Sumber yang lain mengungkapkan, negoisasi tersebut hamper final. Namun, ada beberapa rincian yang harus dikerjakan, seperti logistik.

Sayangnya Google dan Waze masih enggan berkomentar.

Kesepakatan ini hadir setelah penawaran Waze oleh jejaring sosial facebook runtuh pada bulan lalu. Waze dikabarkan tidak ingin memindahkan tim engineeringnya yang berbasis di Israel untuk bermarkas di Amerika Serikat bersama facebook.

Peta dan layanan navigasi telah menjadi aset utama bagi suatu perusahaan teknologi karena konsumen semakin mengarah pada tingkat adopsi smartphone dan perangkat mobile lainnya.

Waze yang berusia 4 tahun, memiliki 47 juta pengguna dan sampai saat ini berhasil mengumpulkan tabungan hingga US$67 juta dari Kleiner Perkins Caufield & Byers, Blue Run Ventures dan perusahaan semiconductor Qualcomm Inc.

Menjelang akhir tahun lalu, Waze mulai mencari sumber dana lain untuk meningkatkan dana tambahan.(Reuters/k31/k29/yri)