Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 Agustus 2018

Tifatul: Media Tak Perlu Takut UU KIP

Ardia Jum'at, 24/05/2013 20:58 WIB

MEDAN (bisnis-jabar.com)-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring memastiskan UU No 14 2008 tentang Kebebasan Informasi Publik menjamin publik termasuk pers mendapatkan informasi khususnya menyangkut pelaksanaan pemerintahan dari daerah hingga pusat.

"Ada kecenderungan media sepenuhnya berpihak pada kepentingan owner. Itu bisa jadi preman, gebuk sana gebuk sini, apalagi media online, itu bisa 24 jam," kata Tifatul saat membuka Pertemuan Bakohumas Regional Indonesia Barat di Hotel Aston, Jln. Balai Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/5).

Kelemahan humas, selain terkait SDM juga karena masih ada pejabat pengambil kebijakan yang melihat fungsi humas terlalu sempit sehingga tugas kehumasan adalag tugas nomor sekian bukan utama.

"Jadi kehumasan jangan dipandang sebagai kerja sambilan, tapi butuh kompetensi, butuh skill dan organisasi," kata Tifatul.

Meski demikian, seorang humas tidak boleh berbohong, tapi harus memberikan informasi secara benar dan obyektif meskipun tidak semua informasi harus diberikan kepada publik.(k6/yri)