Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 20 Oktober 2018

Jabar Kejar Target 300 PNS Bergelar Doktor Hingga 2025

Wisnu Rabu, 08/08/2012 08:51 WIB

BANDUNG (bisnis-jabar.com)--Jawa Barat berencana akan menambah jumlah pegawai negeri sipil (PNS) bergelar doktor atau strata 3 (S3) sebanyak 300 orang lulusan luar negeri hingga 2025.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar M. Solihin mengatakan saat ini PNS yang sudah menempuh pendidikan S3 di Jabar tercatat masih sangat minim. Dari sekitar 15.000 PNS di lingkungan pemerintah provinsi Jabar, baru sekitar 0,29% yang memiliki gelar doktor.

“Jabar masih minim dibandingkan dengan DKI Jakarta yang angkanya sudah mendekati 1 digit,” katanya di Bandung, Selasa (7/8/2012).

Menurut Solihin,  pihaknya berinisiatif untuk memperbanyak jumlah PNS S3 dari universitas di luar negeri tanpa menggunakan biaya APBD Jabar.

“Target kami sampai 2025 bisa menyekolahkan 300 orang PNS untuk meraih gelar doktor, biaya APBD bisa dipakai untuk kesejahteraan masyarakat.”

Pihaknya sejak dua bulan lalu mencari beasiswa dari sejumlah kedutaan besar negara asing dan sponsor swasta untuk mendanai PNS tersebut. Hasilnya sejumlah kedutaan merespon dengan sangat antusias pengajuan dari BKD Jabar.

“Tahun ini rencananya ada 10 orang yang akan berangkat, dua orang ke Australia dan Belgia, sisanya menunggu penempatan dari pemberi beasiswa, Belanda dan Perancis sudah minta,” tegasnya.

Sejumlah universitas membebaskan biaya kuliah, sementara untuk living cost BKD mengupayakan mendapat sponsor dari swasta atau LSM asing.

PNS yang mendapat kesempatan meraih gelar doktor tersebut ditempatkan sesuai dengan kebutuhan dan keahlian RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Jabar. “Ada kekurangan yang harus diisi berdasarkan target RPJMD,” katanya.

Pihaknya akan menitikberatkan doktor dengan keahlian di bidang teknik juga ilmu kedokteran karena jumlah S3 yang ada saat ini lebih didominasi oleh doktor sosial.(k57/yri)