Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 26 September 2017

Target Produksi Ikan Patin Jabar Tahun Ini Meleset

Ringkang Kamis, 26/07/2012 19:32 WIB
Target Produksi Ikan Patin Jabar Tahun Ini Meleset
(antara)

(antara)BANDUNG (bisnis-jabar.com) - Target Pemerintah Jawa Barat menggenjot produksi patin pada 2012 sebesar 110.400 ton meleset, karena biaya produksi budidaya dan penyerapan patin di pasar lokal masih rendah.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat, realisasi produksi patin Jawa barat hingga semester 1 sebesar 8.620 ton atau sebesar 7,83% dari target sebesar 110.400 ton.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat Ahmad Hadadi menyatakan tersendatnya realisasi produksi ikan patin di Jawa Barat disebabkan oleh masih rendahnya minat masyarakat di provinsi ini untuk mengkonsumsi jenis ikan tersebut.

“Pembudidaya patin menginginkan harga jual ikan tersebut bisa lebih tinggi dari harga sekarang, namun hal tersebut sulit dilakukan,” katanya saat dihubungi Bisnis, Kamis (26/7).

Dia mengatakan penyerapan patin di Jawa Barat masih sangat minim sehingga patin lebih banyak dikirim ke luar daerah seperti Lampung.

Hotel dan restoran di Jawa Barat bahkan lebih senang menggunakan dori (fillet ikan patin) ekspor dari Vietnam, tapi pemerintah juga telah menurunkan kebijakan untuk mengurangi hal tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat Hery Gunawadi mengatakan permasalahan utama berbudidaya patin adalah dari faktor pakan.

Menurutnya biaya pakan bisa mencapai 70% dari total biaya produksi, sehingga perlu adanya tindakan yang cepat untuk menekan harga pakan.

“Rata-rata harga jual patin Jabar sekitar Rp10.500 per kilogram, sedangkan biaya pakan bisa mencapai Rp9.000 per kilogram ikan. Itu belum dengan benih, tenaga kerja dan lainnya,” tuturnya.

Sedangkan, untuk Vietnam harga jual patin mencapai Rp9.000 per kilogram dengan total biaya produksi sekitar Rp7.000 per kilogram ikan, sehingga selisih keuntungan Vietnam lebih besar dibandingkan petani di Jabar. (k23/k60/ajz)

Apps Bisnis.com available on: