Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

Stok Benih Perikanan Jabar Minim

Ringkang Rabu, 04/07/2012 20:10 WIB
Stok Benih Perikanan Jabar Minim

BANDUNG (bisnis-jabar.com) - Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat Hery Gunawadi mengatakan target produksi budidaya perikanan yang telah ditetapkan pemerintah sulit untuk dicapai. Hal ini dikarenakan minimnya jumlah pasokan benih ikan bagi para petani budidaya perikanan di Jawa Barat.

"Jika melihat data tahun 2010 dan 2011, realisasi produksi hanya mencapai sekitar 95% dari target produksi," katanya kepada Bisnis di ruangannya, Selasa(3/7)

Dia menuturkan masih banyaknya sejumlah kendala cukup menghambat produksi budidaya perikanan terutama pada ketersediaan benih ikan. Menurutnya produksi benih ikan di Jawa Barat sebagian besar dikirim ke luar.

Dia mengatakan petani benih ikan lebih memilih menjual produksinya ke luar Jabar, hal ini disebabkan tingginya permintaan misalnya seperti dari Kalimantan Selatan dan Jawa Timur.

Untuk itu, pihaknya melakukan upaya untuk meningkatkan produksi benih, misalnya dengan membangun balai pengembangan benih induk unggul.

Dia mengatakan terdapat enam balai pengembangan benih di Jabar a.l Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Cianjur, Karawang, dan Pangandaran.

"Diharapkan dari balai tersebut dapat menambah jumlah indukan unggul, yang kemudian dapat meningkatkan produksi benih," tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar, jumlah produksi benih pada 2011 sebesar 20 miliar ekor. Benih untuk Ikan Mas dan Nila menempati porsi paling besar dibandingkan jenis ikan lainnya yakni 9,9 miliar ekor untuk Ikan Mas, dan 5,2 miliar ekor Ikan Nila. (k23/yri)

Apps Bisnis.com available on: