Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 17 Agustus 2018

ALIBABA: Berniat Buy Back Saham Dari Yahoo! Senilai US$7 Miliar

Jibi Minggu, 20/05/2012 19:09 WIB
ALIBABA: Berniat buy back saham dari Yahoo! senilai US$7 miliar

NEW YORK: Alibaba Group Holding Ltd. tengah merampungkan perjanjian pembelian kembali (buy back) 20% sahamnya dari Yahoo! Inc. sebesar US$7 miliar dan mungkin akan mengumumkan hasilnya besok pagi waktu Asia.

Sumber yang mengetahui transaksi tersebut mengungkapkan pembelian saham ini mungkin akan memuluskan jalan Alibaba, penyedia jasa e-commerce terbesar di China, untuk melaksanakan penawaran umum perdana (IPO) 18 bulan kedepan.

Menurut sumber yang menolak mengungkapkan identitasnya tersebut, Alibaba, yang dibantu pemegang sahamnya yang lain yakni Temasek Holdings Pte., Digital Sky Technologies, dan Silver Lake, berencana membiayai pembelian tersebut secara tunai dan kredit.

Alibaba telah mencoba membeli kembali sahamnya lebih dari setahun terakhir dan meningkatkan usahanya pada September lalu ketika perusahaan AS ini memecat mantan CEO-nya, Carol Bartz.

Menurut Jordan Rohan, analis Stifel Nicolaus & Co., pengurangan kepemilikan saham Alibaba ini melemahkan pijakan Yahoo! Di China yang merupakan pasar internet terbesar di dunia.

“Bagi pemegang saham Yahoo, penjualan ini dan IPO jelas positif karena banyak yang mempertanyakan apakah Yahoo sanggup menguangkan asetnya yang ada di China tersebut,” ujar Rohan dalam laporan risetnya. (Bloomberg/api/fsi)