Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 17 Agustus 2018

PRODUKSI JAGUNG: Garut Siap Sumbang 60% Jagung Di Jawa Barat

Wisnu Minggu, 26/02/2012 10:44 WIB
PRODUKSI JAGUNG: Garut siap sumbang 60% jagung di Jawa Barat
(jibiphoto)

(jibiphoto)BANDUNG (bisnis-jabar): Kabupaten Garut siap menyumbangkan 60% komoditas jagung di Jawa Barat.  Saat ini, Garut berhasil menyumbang sekitar 44,56% produksi jagung di Jawa Barat dan sekitar 5% produksi jagung nasional.

Menurut Bupati Garut, Aceng HM Fikri, pihaknya akan terus menggenjot produksi jagung hingga mampu menyumbang 60% produksi jagung di Jawa Barat.

Untuk mencapai angka itu, menurut bupati, sejumlah kendala yang dialami petani harus diselesaikan. “Apalagi 65% masyarakat Kabupaten Garut adalah petani,” katanya. Sayangnya sebagian besar masyarakatnya hanya berstatus sebagai petani penggarap dan tidak memiliki lahan. “Sehingga kenaikan produksi kurang sejalan dengan kenaikan taraf hidup petani,” ujarnya. Kendala lainnya, petani juga tidak memiliki kepastian harga pasar.

Aceng Fikri menyarankan agar pemerintah menetapkan regulasi standarisasi harga jagung regional. “Agar para petani dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan kata lain, perlu ada keterpaduan antara budidaya dan harga pasar,” kata Aceng.

Garut, Jumat lalu dipilih sebagai pembuka kegiatan panen raya perdana jagung hibrida musim tanam 2012. Menteri Kehutanan Suswono hadir untuk membuka acara.

Kabupaten Garut sendiri merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Jawa Barat bahkan di Indonesia. (ajz)