Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

10 Makanan Khas Korea Yang Wajib Dicoba

Andari Kamis, 02/02/2012 13:42 WIB

Bagi orang Korea, makanan bukan sekedar pengisi perut. Lebih dari itu, makanan juga menjadi cita rasa seni, obat, bahkan menjadi bagian dari budaya mereka. Berikut daftar 10 makanan khas Korea yang harus Anda coba.

1. Soondubu Jiggae (Soft Tofu Stew)

Soondubu jiggae adalah sup kental khas Korea yang dimasak dalam gerabah tanah liat. Sup kental ini terbuat dari kaldu ikan dan daging yang dimasak bersama lada, telur, dan tahu sutra. Di sup kental ini, daging sapi hanya digunakan sedikit. Inilah yang unik dari masakan Korea, di mana daging hanya digunakan sebagai penyedap dan penguat rasa, bukan sajian utama yang mengenyangkan. Sup ini biasa dimakan bersama nasi.

2. Seolleongtang (Sup Tulang Sapi)

Inilah salah satu sup paling populer di Korea, bahkan terdapat sejumlah restoran yang khusus menjual sup ini. Seolleontang harus dimasak dalam waktu yang cukup lama, hingga berjam-jam untuk mematangkan tulang sapi, hingga semua kandungan kalsiumnya keluar. Tak heran, jika sup ini khas berwarna putih dengan kandungan kalsium tinggi. Kaldu dari kaki sapi itu dicampur dengan potongan-potongan daging sapi dan lobak.

3. Ddukbokkkie

Di kota besar seperti Seoul, jika tiba waktu malam jalan-jalan dipenuhi berbagai pedagang makanan. Ddukbokie adalah satu yang paling populer. Makanan yang terbuat dari tepung beras ini disajikan dengan berbagai varian bumbu. Ia bisa dimasak bersama ikan, telur, menjadi makanan bercitarasa asin, pedas, atau bahkan manis. Yang khas adalah adonan tepung beras tadi yang kenyal dan lembut dikunyah.

4. Dakjuk

Dakjuk adalah sejenis bubur ayam. Awalnya ayam direbus di dalam wadah bersama dengan bawang merah-bawang putih. Setelah itu, tambahkan beras dan dimasak hingga ayamnya matang. Hasilnya adalah sup kental nasi yang berpadu dengan rasa ayam dan bawang. Dengan cara pembuatan yang sangat mudah, tak heran jika Dakjuk digemari banyak orang.

5. Hoedeok

Berbeda dengan pancake pada umumnya, pancake ala Korea ini terbuat dari adonan tepung ragi. Diisi dengan kayu manis, gula coklat, dan potongan kacang mete, pancake ini dimasak dengan sedikit minyak, sampai isinya meleleh dan menjadi sirup. Makanan ini sangat disukai anak-anak untuk sarapan. Jika tidak suka yang terlalu manis, gula bisa diganti dengan keju mozarella.

6. Yangnyeom Tongdak

Yangyeom Tongdak bukan sekadar ayam goreng, ia dibumbui dengan begitu lezat. Teksturnya luar biasa, disajikan dengan saus kental pedas manis, namun dengan ayam yang masih renyah digigit. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas favorit penduduk Korea.

7. Japchae

Mi goreng campur ini sangat populer, dan aslinya hanya sayuran tanpa mi. Makanan ini adalah favorit para raja dahulu. Kini setelah komposisinya ditambah mi, japchae menjadi semakin digemari. Sayur-sayur segar dimasak setengah matang untuk mempertahankan rasa dan tekstur aslinya.

8. Bulgogi

Bulgogi adalah salah satu sajian daging sapi khas Korea yang terkenal amat lezat. Ia menjadi ciri khas dalam barbeque ala Korea, yaitu dengan menggunakan lempengan panas untuk memasak daging. Bulgogi dimarinasi dengan bumbu-bumbu khas seperti wijen, sari buah pir, kecap, bawang putih, dan diiris sangat tipis. Biasanya dimakan bersama banyak sayuran, yang menjadikan Bulgogi ini tetap sehat dikonsumsi.

9. Bibimbap

Nasi campur ala Korea ini mesti Anda coba. Bibimbap disajikan hangat-hangat dengan berbagai pilihan lauk dan saus sambal khas Korea.

10. Kimchi

Kimchi adalah makanan paling terkenal yang merepresentasikan Korea. Iaterbuat dari sawi yang difermentasikan dengan bumbu pedas seperti cabai, bawang putih-bawang merah, sari buah pir, dan sebagainya. hasilnya adalah sawi fermentasi dengan rasa segar, manis-asam-pedas. Kimchi adalah salah satu makanan penting di Korea yang dimakan pada saat sarapan, makan siang, bahkan makan malam.

Apps Bisnis.com available on: