Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 25 September 2017

Bandung Siap Gulirkan 'smart Card' Angkot

ANTARA Minggu, 25/09/2011 13:19 WIB

BANDUNG (bisnis-jabar.com): Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Prijo Soebiandono mengatakan program kartu pintar (smart card) yang direncanakan untuk angkutan kota mendapat bantuan pendanaan dari DPRD setempat.

"Saya dipanggil oleh DPRD dan ditanyakan kelanjutan program yang sudah direncanakan dan salah satunya sistem pelayanan angkot yang modern tersebut," katanya di Bandung, hari ini.

Menurut dia, programitu perlu dukungan baik dari aspek finansial dan Dewan mendukung sepenuhnya setelah mendapatkan penjelasan program secara komprehensif.

Bahkan, lanjutnya, Prijo mengaku ditantang oleh Dewan, yang tidak disebutkan namanya dan asal komisinya, untuk menyebutkan berapa besar dana yang dibutuhkan programnya itu.

Kemudian, Prijo juga belum menyebutkan berapa besar yang diminta, namun diperkirakan miliaran rupiah dan dana tersebut untuk "reroting", "repoling", dan mempercantik angkot yang ada guna pelayanan bagi masyarakat.

"Lihat saja nanti, berapa besar dananya dan kapan pastinya program ini dimulai," tambahnya.

Prijo menjelaskan angkot yang kini sering menjadi penyebab kemacetan karena berhenti di sembarang tempat, kedepan pihak Dishub akan membuat selter layaknya yang direncanakan untuk Trans Metro Bandung.

Menurutnya, Smart card adalah sistem pembayaran dan sistem tersebut bertujuan untuk membuat praktis dalam pembayaran dan juga keamanan, jadi penumpang tinggal bawa kartu tersebut saja. "Sistem pembayaran dari tiket tersebut akan sama halnya dengan kita isi ulang pulsa," jelas Prijo.

Dia menambahkan kartu tersebut ada yang bersifat diisi untuk satu kali perjalanan saja atau untuk menjadi pelanggan sedangkan pembayarannya dilakukan di tiap selter.(fsi)

Apps Bisnis.com available on: